Cara membuat tabel di phpmyadmin menggunakan xampp

watch_later Wednesday, September 27, 2017
Xampp merupakan software yang membantu kita dalam pembuatan database website sekaligus membantu dalam pembuatan website itu sendiri. Kalau di Windows namanya Xampp, tapi Linux namanya Lamp.
Kebetulan saya dapat bagian Database untuk misi pertama ekstrakurikuler, saya merasa gagal karena tidak bisa menyelesaikan tugas membuat website sekolah tepat pada waktunya.
Kebetulan (sekali) saya mempunyai blog yang kiranya dapat berguna untuk teman teman terutama teman divisi saya dalam pembuatan database, tidak hanya bisa tapi juga tahu caranya. Yah follow step by step Cara membuat tabel di phpmyadmin menggunakan xampp :
1. Download dan Install Xampp
2. Buka Xampp
3. Klik start pada apache, mysql, dan filezillatmt1
4. Buka browser lalu ketikkan localhost/phpmyadmin/
catatan: jika tahap 3 belum dilakukan tidak akan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya
tmt2
Ini tampilan setelah masuk di localhost/phpmyadmin/
5. Pilih Basis data – Masukkan nama table – Buat
Jika menggunakan bahasa inggris pilih Database – masukkan database – create
tmt4
Contoh nama database yang saya buat adalah “sekolah”
Setelah database dibuat, otomatis akan muncul di sidebar sebelah kanan phpmyadmin.
6. Pilih database Sekolah
tmt5
6. Didalam database, buat tabel bernama “siswa”  (jumlah kolom tidak perlu diisi). Lalu kirim/OKtmt6
7. Isi field nya, sebagai contoh di dalam table siswa akan ada field id, nama, nis, dan kelas dengan tipe yang berbeda (penjelasan di akhir postingan)
tmt7
8. Buat tabel lain yang dibutuhkan dalam database, dan inilah akhirnya. Saya membuat tabel siswa dan info
tmt8
Penjelasan :
Jadi begini..di dalam database ada table, dan di dalam tabel ada field.
  • Dalam tutorial diatas saya membuat :
Database : Sekolah
  • Dalam database sekolah saya membuat tabel :
-Siswa
-Info
  • Dalam tabel siswa saya membuat field :
-id
-nama
-kelas
-nis
  • Dalam tabel info saya membuat field :
-id
-judul
-penulis
-waktu
-isi
Ketentuan yang berada dalam field :
Name : isikan dengan nama field yang diinginkan. Contoh nama field nya adalah NIS
Tipe : kalau tipe yah tipe. Jadi di dalam tipe ada :
Int -> Integer : tipe angka. Contoh kalau field adalah NIS (Nomor Induk Siswa) berarti tipenya adalah number
Varchar -> Variabel Character : huruf dan angka
Date : tanggal
Text : untuk text yang panjang sampai 65535 kata (jika pendapat saya salah tolong dikomentar)
Nilai/Panjang : kita dapat memberi batasan maksimal kata atau angka yang bisa ditulis
A_I -> Auto Increement : artinya naik otomatis, biasanya field bertipe A_I yang index nya Primary Key



sentiment_satisfied Emoticon